Bidang Manajemen Mutu

PROFIL MANAJEMEN MUTU SMK NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Paidi, S.Pd, M.TPd

Paidi, S.Pd, M.TPd

Wakil Kepala Manajemen Mutu : Paidi, S.Pd . M.TPd

Sistem Manajemen Mutu SMK Negeri 1 Kota Bengkulu merupakan sekumpulan prosedur terdokumentasi   dan praktek-praktek standar  untuk manajemen sistem  yang bertujuan menjamin kesesuaian dari suatu proses dan produk (barang/jasa) terhadap kebutuhan atau persyaratan itu ditentukan atau dispesifikasikan oleh pelanggan atau organisasi”. Sistem Manajemen Mutu SMK Negeri 1 Kota Bengkulu dibentuk dari struktur organisasi, dokumentasi, prosedur dan alat-alat yang terdapat di dalam organisasi. Dan tujuannya adalah untuk memberikan transparansi mengenai struktur organisasi, prosedur, dan alat-alat organisasi yang kemudian dapat memberi kepuasan kepada konsumen. Adapun tujuan sistem manajemen mutu adalah:

  1. Menjamin kesesuaian dari suatu proses dan produk terhadap kebutuhan atau persyaratan tertentu; Kesesuaian antara kebutuhan dan persyaratan yang ditetapkan pada suatu standar tertentu terhadap proses dan produk yang dihasilkan oleh perusahaan sangat penting.
  2. Memberikan kepuasan kepada konsumen melalui pemenuhan kebutuhan dan persyaratan proses dan produk yang ditentukan pelanggan dan organisasi;
    Keputusan pelanggan adalah reaksi emosional dan rasional positif pelanggan. Untuk mampu memberikan kepuasan kepada pelanggan, segenap personil organisasi dituntut untuk memliki kompetensi dalam menjalankan tugas dan  tanggungjawabnya masing-masing.

Sejak tahun 2009, SMK Negeri 1 Kota Bengkulu telah melaksanakan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 Tahun 2008 yang selanjutnya akan di up-grade ke ISO 9001 Tahun 2015. ISO 9001 adalah  standar internasional di bidang sistem manajemen mutu. Jika suatu lembaga/organisasi yang telah mendapatkan akreditasi (pengakuan dari pihak lain yang independen) ISO tersebut, maka dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal manajemen penjaminan mutu produk/ jasa yang dihasilkannya.

Di dalam struktur organisasi SMK Negeri 1 Kota Bengkulu, pengelolaan sistem manajemen mutu ini menjadi tanggung jawab wakil manajemen mutu. Sejak tahun 2009 hingga sekarang, yang diamanahkan sebagai wakil manajemen mutu di SMK Negeri 1 Kota Bengkulu adalah Bapak Paidi, S. Pd, M. TPd. Wakil manajemen mutu membawahi 3 unit yakni: 1. Adm & Kesekretariatan ( Ibu Rosni, S.Pd ),  2. Dokumen & Rekaman ( Ibu Sri Noflesti, S.Pd, M.Pd), 3. dan Tim Informasi dan Teknologi (diketuai Edison, S.Kom). Tugas dan tanggung jawab wakil manajemen mutu sebagai berikut :

  • Memastikan proses yang diperlukan untuk sistem manajemen mutu ditetapkan, diterapkan dan dipelihara.
  • Melaporkan kepada Kepala Sekolah tentang kondisi kerja sistem manajemen mutu di SMK Negeri 1 Kota Bengkulu dan kebutuhan apapun untuk perbaikannya.
  • Memastikan adanya kesadaran di SMK Negeri 1 Kota Bengkulu tentang pentingnya harapan pelanggan.
  • Menjadi penghubung dengan pihak luar dalam masalah yang berkaitan dengan sistem manajemen mutu.

Untuk dapat melaksanakan tanggung jawabnya, WMM diberikan kewenangan berupa :

  • Mengatur, menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya harapan pelanggan, mengendalikan dan mengembangkan sistem dari seluruh proses yang terjadi sesuai dengan ketentuan dalam dokumen mutu serta kewenangan untuk menjalin hubungan dengan pihak luar khususnya mengenai sistem manajemen mutu.
  • Mengkoordinir penyusunan pedoman mutu, dokumen POS dan dokumen-dokumen lain seperti yang diatur dalam dokumen mutu.
  • Kepala Sekolah juga menunjuk personel sebagai staf WMM untuk membantu WMM dalam pengendalian dan pengembangan sistem manajemen mutu di SMK Negeri 1 Bengkulu.