Home / Desain Komunikasi Visual

Desain Komunikasi Visual

Program keahlian Desain Komunikasi Visual merupakan program keahlian baru hasil konversi sebagaimana diatur oleh Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaaan, Riset dan Teknologi Nomor 165/M/2021 tentang Program SMK Pusat Keunggulan. Program keahlian ini sangat  selaras  dengan  kebutuhan  industri  serta sejalan  dengan perkembangan  kebijakan pemerintah Kurikulum

Program Keahlian Desain Komunikasi Visual mengadopsi unit-unit kompetensi yang tercantum dalam Skema Sertifikasi KKNI Level II Kompetensi Keahlian Multimedia dan Skema Penyusunan kurikulum Desain Komunikasi Visual juga melibatkan IDUKA. SMK Negeri 1 Kota Bengkulu melibatkan Iduka di Bengkulu dalam penyusunan kurikulum operasional ini. Jadi kurikulum yang dirancang juga selalu berpedoman atas saran, masukan, dan kebutuhaan industri broadcasting dan film.

Guru Kejuruan Desain Komunikasi Visual berjumlah 5 orang guru PNS, dan 2 Orang tenaga honorer, dimana selain memiliki pendidikan sesuai dengan yang disyaratkan, Guru kejuruan Desain Komunikasi Visual juga berlatar belakang pernah mengikuti berbagai program pelatihan.

Sarana praktik dan belajar dirancang dengan standar industri, sehingga para lulusan SMK Negeri 1 Kota Bengkulu diharapkan menjadi insan profesional dalam bidang desain grafis dan konten kreatif, memiliki kepribadian, dan karakter industri.

Kurikulum dan proses pembelajaran dirancang untuk mendorong peserta didik untuk aktif, kreatif, mandiri, percaya diri, dan menjadi generasi yang berbasis pada Profil Pelajar Pancasila. Kegiatan praktik baik sekolah maupun praktik kerja industri dipersiapkan dengan baik untuk membentuk mental yang kuat dan mengasah keterampilan serta keahlian peserta didik. Hal ini bertujuan untuk menyiapkan lulusan yang siap bekerja, melanjutkan ke jenjang Pendidikan yang lebih tinggi, atau berwirausaha.

Program Keahlian Desain Komunikasi Visual merupakan program keahlian yang prospektif. Lulusan program keahlian ini dapat bekerja di bidang Industri Pertelevisian, Industri Radio, Industri Rumah Produksi, Industri Periklanan, Industri percetakan, Wirausaha dibidang Photography dan Videography. Dari sekian banyak propek pekerjaan, berikut ini beberapa jenis pekerjaan yang dapat digeluti oleh lulusan Desain Komunikasi Visual, diantaranya: Desainer grafis, Teknisi Perlengkapan Kamera, Teknisi Fotography, Editor Video, Editor Televisi.

Dengan memenfaatkan kemampuan, pengalaman dan berbagai peluang yang ada, lulusan Program Keahlian Desain Komunikasi Visual juga dimungkinkan untuk usaha mandiri atau wirausaha. Selain itu juga, lulusan program keahlian Desain Komunikasi Visual dapat melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi dengan lingkup keilmuan di berbagai jurusan seperti Multimedia, Teknologi dan Informasi, dan sebagainya.