Home / TJKT

TJKT

Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi merupakan salah satu program keahlian yang dimiliki SMK Negeri 1 Bengkulu . Program Keahlian ini termasuk dalam bidang Teknologi Informasi. Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi merupakan program keahlian yang memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, dan sikap, atau yang lebih dikenal pada masa sekarang yaitu kemampuan hardskill dan softskill yang membekali siswa tidak hanya bagus dalam knowledge tetapi juga mampu berkomunikasi dengan baik.

Kurikulum Program Keahlian Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT) mengadopsi unit-unit kompetensi yang tercantum dalam Skema Sertifikasi KKNI Level II Kompetensi Keahlian Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi. Penyusunan kurikulum Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi juga melibatkan IDUKA. SMK Negeri 1 Bengkulu beberapa IDUKA seperti PT. Samsung Tech Indonesia, PT. Telkom Akses Bengkulu dan beberapa IDUKA lain  dalam penyusunan kurikulum operasional ini. Jadi kurikulum yang dirancang juga selalu berpedoman atas saran, masukan, dan kebutuhan industry dengan menerapkan link and supermatch (8+i).

Guru Kejuruan  yang ada di Program Keahlian Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi  berjumlah 5 orang yang kesemua guru tersebut memiliki latar belakang Pendidikan yang linier dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi . Guru Produktif  Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi juga berlatar belakang pernah bekerja di industri serta telah mengikuti berbagai program pelatihan dan magang industri.

Sarana praktik dan belajar dirancang dengan standar industri seperti ruang praktik yang dirancang dari segi peralatan dan bahan yang disediakan sebisa mungkin mirip (duplikasi) dari budaya kerja di industry  sehingga para lulusan SMK Negeri 1 Bengkulu  diharapkan menjadi insan profesional dalam bidang teknologi computer jaringan dan telekomunikasi baik di dalam maupun di luar negeri, memiliki kepribadian, dan karakter industri. Sarana dan prasasarana yang dimiliki oleh program keahlian Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi cukup mewakili untuk menjadi mini bengkel/laboratorium seperti diindustri seperti 20 komputer dengan spesifikasi server), router board, alat untuk teknologi fiber optic, adruino dan kelas khusus industry hand held product smartphone yaitu STI (Samsung Tech Institute).

Kurikulum dan proses pembelajaran dirancang untuk mendorong peserta didik untuk aktif, kreatif, mandiri, percaya diri, dan menjadi generasi yang berbasis pada Profil Pelajar Pancasila. Kegiatan praktik baik sekolah maupun Praktik Kerja  Lapangan dipersiapkan dengan baik untuk membentuk mental yang kuat dan mengasah keterampilan serta keahlian peserta didik. Hal ini bertujuan untuk menyiapkan lulusan yang siap bekerja, melanjutkan ke jenjang Pendidikan yang lebih tinggi, atau berwirausaha.

Ruang lingkup pekerjaan bagi lulusan Kompetensi Keahlian Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi adalah jenis pekerjaan atau profesi yang relevan (sesuai) dengan kompetensi yang tertuang di dalam tabel SKKNI keahlian pada jenjang SMK antara lain 1) Teknisi Jaringan dasar dan menengah 2) Administrator server jaringan dasar dan menengah, 3) Teknisi infrastruktur jaringan dasar dan menengah dan 4) Teknisi perbaikan smartphone (untuk siswa kelas (STI)) , dengan memenfaatkan kemampuan, pengalaman dan berbagai peluang yang ada, lulusan Program Keahlian Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi juga dimungkinkan untuk membuka usaha mandiri atau wirausaha. Selain itu juga, lulusan program keahlian Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi dapat melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi dengan lingkup keilmuan di berbagai jurusan seperti Teknik informatika, Teknik computer dan ilmu computer.

Secara garis besar dapat disimpulkan program keahlian TJKT memiliki karakeristik :

  1. Merupakan program keahlian yang banyak diminati oleh masyarakat karena perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat.
  2. Didukung oleh pengajar yang telah memenuhi Standar Kompetensi di bidang IT dan sarana dan prasarana yang representative.
  3. Melaksanakan model pembelajaran berbasis IT (media Online) dan berstandar industri
  4. Praktik Kerja Lapangan dilaksanakan di perusahaan bidang IT dan instansi pemerintah maupun swasta.
  5. Lulusan dapat bekerja sebagai teknisi jaringan dan berwirausaha di bidang teknologi informasi, selain itu dapat juga melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.