Home / Usaha Layanan Wisata

Usaha Layanan Wisata

Tamatan program keahlian Usaha Layanan Pariwisata yang terampil dan profesional merupakan suatu program keahlian  yang menghasilkan tenaga ahli dalam bidang pemenuhan  kebutuhan pasar industri pariwisata yang sedang berkembang saat ini. Dalam program keahlian  ini  siswa dituntut untuk dapat memilii keahlian yang dibutuhkan industri Pariwisata secara umum dan Usaha Layanan Pariwisata secara khusus.

Kurikulum program keahlian Usaha Layanan Pariwisata mengadopsi unit-unit kompetensi yang tercantum dalam Skema Sertifikasi KKNI Level II Kompetensi Keahlian Usaha Layanan Pariwisata. Hal bertujuan untuk menyiapkan peserta didik SMK memiliki kompetensi bidang pariwisata yang berstandar internasional, sekaligus sebagai modal dalam penerapan Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Penyusunan kurikulum Usaha Layanan Pariwisata juga melibatkan industri. SMK Negeri 1 Kota Bengkulu melibatkan PT Alesha Wisata Bengkulu, ASITA Bengkulu, PT. Garuda Indonesia Cabang Bengkulu, Himpunan Pramuwisata Indonesia cabang Bengkulu dalam penyusunan kurikulum operasional ini. Jadi kurikulum yang dirancang juga selalu berpedoman atas saran, masukan, dan kebutuhaan industri Usaha Layanan Pariwisata yang ada di propinsi Bengkulu.

Guru Produktif Usaha Layanan Pariwisata berjumlah 8 orang, selain memiliki pendidikan sesuai dengan yang disyaratkan, Guru Produktif Usaha Layanan Pariwisata juga berlatar belakang pernah bekerja di industri serta telah mengikuti berbagai program pelatihan dan magang industri.

Sarana praktik dan belajar dirancang dengan standar industri Usaha Layanan Pariwisata, sehingga para lulusan SMK Negeri 1 Kota Bengkulu diharapkan menjadi insan profesional dalam bidang Usaha Layanan Pariwisata baik di dalam maupun di luar negeri, memiliki kepribadian, dan karakter hospitality inservice.

Kurikulum dan proses pembelajaran dirancang untuk mendorong peserta didik untuk aktif, kreatif, mandiri, percaya diri, dan menjadi generasi yang berbasis pada Profil Pelajar Pancasila. Kegiatan praktik baik sekolah maupun praktik kerja lapangan dipersiapkan dengan baik untuk membentuk mental yang kuat dan mengasah ketrampilan serta keahlian peserta didik. Hal ini bertujuan untuk menyiapkan lulusan yang siap bekerja, melanjutkan ke jenjang Pendidikan yang lebih tinggi, atau berwirausaha.

Program keahlian Usaha Layanan Pariwisata merupakan program keahlian yang prospektif. Lulusan kompetensi ini dapat bekerja di berbagai bidang industry terutama industry pariwisata, karena pada dasarnya setiap industri pasti membutuhkan individu pariwisata yang terampil dan profesional . Dari sekian banyak prospek pekerjaan, berikut ini beberapa jenis pekerjaan yang dapat digeluti oleh lulusan Usaha Layanan Pariwisata, diantaranya:

  1. Karyawan Perusahaan Penerbangan
  2. Industri Perhotelan
  3. Travel Agent Staff.
  4. Event Organizer
  5. Resepsionis
  6. Travel Agent
  7. Tour Planner
  8. Customer Service
  9. Tour Guide
  10. Pengusaha